Twitter adalah sebuah situs web
yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa
mikroblog
sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut
kicauan(tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang
ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar,
namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka
saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan
pengikut.
Semua pengguna dapat mengirim dan
menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel
(telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di
negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San
Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server
dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh
Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat
ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan
sebagai "SMS
dari internet".
Sejarah
Twitter berawal dari sebuah diskusi
yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam
pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa
menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.
Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat
pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama
acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan
per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010,
Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.
Pertumbuhan
Sudah lebih dari 400.000 kicauan
dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang
menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun
2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama
tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010
pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta
kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan
dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih
aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala
Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30
setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor
dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah
kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika
penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter
turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata
"Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
Secara
Keseluruhan
Pesan
Pengguna dapat menulis pesan
berdasarkan topik dengan menggunakan pagar (#) (hashtag). Sedangkan
untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda
@.
Pesan pada awalnya diatur hanya
mempunyai batasan sampai 140 karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan
pesan SMS, memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam
pesan SMS. Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan
URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti
Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi
dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly
untuk memperpendek otomatis semua URL yang dikirim-tampil.
Konten
Dalam Twitter
Laman
Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat
kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat
oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah
pernah dikirim-tampil.
Pengikut
(Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang
ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun
seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam
halaman utama.
Ikutan
(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan
adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang
dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Gamitan
(Mentions)
Biasanya konten ini merupakan
balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang
akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit
agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Pesan
Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa
disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa
ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang
dikirimi pesan.
Tagar
(Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik
tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh
orang lain juga
Senarai
(List)
Pengguna twitter dapat
mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga
memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna
(username) yang mereka ikuti (follow).
Topik
Hangat (Trending Topic)
Topik yang sedang banyak dibicarakan
banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
Isi
Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
- Berita
- Spam
- Promosi diri
- Celoteh tidak berarti
- Percakapan
- Nilai lewat-terus (pass-along)
Peringkat
Twitter adalah merupakan salah satu
dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa
trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa
Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial
berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan
Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh
tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan
bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008
menjadi 7 juta pada Februari 2009.
Aplikasi
pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan yang
dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan
aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada
banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger, SimpleTweet, Gravity
Demografi
Menurut sebuah studi oleh Sysomos
pada bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar
daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga
menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan
bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang
awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung
dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini
dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para
penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis
atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis
tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang
pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun
selebritis adalah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.
Kerahasiaan
pribadi dan keamanan
Menanggapi pelanggaran keamanan
Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah
diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah
mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan.
Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi
pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk
secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010,
Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun
pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan
membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian
digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up
ad) dan tautan ke situs porno.
Penggunaan
Twitter di Indonesia
Di Indonesia, Twitter sangat
populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada
serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke
enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih
menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.
Riset
dan Kritik
Banyak yang mengatakan bahwa twitter
adalah cara yang baik untuk tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun,
beberapa pengguna merasa 'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima
pesan yang tidak relevan dengan kebutuhan mereka.
Berbagai penelitian di sekitar
Twitter telah dilakukan seperti bidang sosiologi dan perilaku. Sebuah
penelitian dilakukan Bruno
Goncalves menyatakan bahwa jaringan sosial
modern membantu seseorang berinteraksi namun kendala biologis dan fisik
membatasi hubungan sosial secara stabil
Nielsen Online melaporkan bahwa
Twitter memiliki tingkat pemeliharaan pengguna sebesar 40%. Banyak orang
berhenti menggunakan layanan ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi
mencapai hanya sekitar 10% dari semua pengguna internet.
Pada bulan Maret 2009, komik strip
Doonesbury mulai menyindir Twitter. Banyak karakter menyoroti kicauan yang
mengikuti pemutakhiran topik hangat (trend updates) terus-menerus.
SuperNews! juga mengatakan bahwa Twitter sebagai kecanduan dan mengatakan
kicauan tidak lebih dari “teriakan ke kegelapan berharap seseorang
mendengarkan”.
Scott
A. Golder dan Michael
W. Macy menganalisis lebih dari 500.000 update oleh 2,4 juta
pengguna Twitter di 84 negara selama 2 tahun. Data dibagi menjadi
kelompok-kelompok update berdasarkan jam. Temuan menunjukkan Twitter menegaskan
pola seharian.
Alessio
Signorini menggunakan data menciak pengguna
Twitter untuk mengganalisis tingkat penyebaran flu H1N1 di Amerika Serikat Marcel
Salathé dan Shashank
Khandelwal melacak bagaimana pola pikir
pengguna Twitter berkorelasi dengan tingkat partisipasi vaksinasi H1N1 dan
bagaimana perasaan negatif atau positif mempengaruhi pengguna lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar